INSTITUT KARATE-DO INDONESIA
Dojo 104 - Jakarta Selatan

Selasa, 06 Maret 2012

UMSU Juara Umum Kejurnas Karate Bakrie Cup 2012



Medan, 26/1 (antarasumut)- Kontingen Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) berhasil meraih juara umum di Kejuaraan Nasional
Karate Mahasiswa Bakrie Cup 2012.
“Atlet UMSU yang dimotori Karateka nasional Jintar Simanjuntak sukses membawa UMSU meraih juara umum Kejurnas Karate Antar Mahasiswa yang digelar 19-22 Januari 2012 di Sasana Budaya Ganesha ITB, Bandung,” kata Ketua Kontingen UMSU Rahmat Kartolo Simanjuntak ST MT di kampus Jalan Muchtar Basri Medan, Kamis.
Dijelaskan dia, UMSU menjadi juara umum setelah mendulang 4 emas, 1 perak, dan 7 perunggu dalam kejuaraan diikuti 122 perguruan tinggi se-Indonesia tersebut. Sebelumnya
Dua dari empat medali emas Sumut dipersembahkan Jintar. Mahasiswa Fakultas Ekonomi UMSU ini merebut medali emas setelah menang pada dua kali final kelas 67Kg putra dan kelas bebas putra. Pada kelas 67 Kg, Jintar mengalahkan Maruli Butar Butar (Universitas Sisingamangaraja).
Sedangkan di kelas bebas, peraih medali emas SEA Games XXVI/2011 itu menjadi yang terbaik setelah mengalahkanlawan yang sama Maruli Butar-Butar.
Jintar membuktikan kematangannya di atas matras. Melewati babak demi babak dengan kemenangan signifikan. Dua kali final pada hari terakhir Bakrie Cup, tidak mempengaruhi penampilan atlet sarat pengalaman itu.
Sedangkan dua medali emas lainnya direbut Indah Mogia Angkat kelas -68 kg putri, serta tim kumite beregu putri yang terdiri dari Yuris Putri, Nova Sinaga, Rizaki Ramadani Lubis dan Indah Mogia Angkat.
Medali perak disumbangkan kumite beregu putra, sedangkan tujuh perunggu dipersembahkan Indah Mogia Angkat kelas bebas putri, Yuris Putri kelas -50 kg putri, Nova Sinaga kelas -55 kg putri dan bebas putri. Devantu kelas +84 kg putra, Dedi Irwansyah kelas -75 kg putra dan kelas bebas putra.
Rektor UMSU Drs Agussani MAP didampingi Wakil Rektor III UMSU H Arifin Gultom SH MHum ketika menyambut kepulangan kontingen karateka UMSU menyatakan bangga atas prestasi yang diraih anak didiknya.
“Kami tentunya bersyukur. Torehan prestasi ini kianmembuktikan jika mahasiswa UMSU tidak hanya unggul di bidang akademik, tapi juga olahraga,” kata Agussani sembari menambahkan atas prestasi itu UMSU akan memberi apresiasi berupa beasiswa bagi kesembilan atlet tersebut.
Rektor juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Sumut dan khususnya warga Medan, pengurus KONI Sumut dan KONI Medan yang telah memberikan dukungan kepada mahasiswa UMSU sehingga berhasil meraih di kejuaraan karateka nasional itu.
“UMSU secara terus menerus melakukan pembinaan olahraga dan tidak hanya fokus terhadap prestasi akademik tapi senantiasa mencari bibit atlet berkualitas yang bisa membawa nama harum di kancah kejuaraan olahraga baik nasional maupun internasional,” tambahnya.
Kejuaraan Karate Nasional Bakrie Cup 2012 merupakan kegiatan dari Program Bakrie Untuk Negeri yang dibuka oleh Aburizal Bakrie, Jumat (20/1). Kejuaraan bertema “Karate Pembentuk Karakter” itu diikuti oleh 558 atlet yang berasal dari 122 perguruan tinggi se-Indonesia.(*)
SUMBER : http://www.antarasumut.com/berita-sumut/berita-sumut/umsu-juara-umum-kejurnas-karate-bakrie-cup-2012/

0 komentar: