INSTITUT KARATE-DO INDONESIA
Dojo 104 - Jakarta Selatan

Jumat, 09 September 2011

SAPTA PRASETYA

1. SAYA BERJANJI, BAHWA SAYA AKAN TUNDUK DAN PATUH TERHADAP SEMUA PERINTAH-PERINTAH, LARANGAN-LARANGAN SERTA BIMBINGAN GURU.

2. SAYA BERJANJI AKAN MENJAUHKAN PERKELAHIAN DAN TIDAK AKAN MEMPERGUNAKAN ILMU OLAH RAGA KARATE INI, KECUALI UNTUK MEMBELA ATAU MEMBELA DIRT ()RANG LAIN YANG TERANCAM JIWANYA ATAU KESELAMATANNYA DAN KALAU SUDAH TIDAK ADA JALAN LAIN.

3 . SAYA BERJANJI TIDAK AKAN MELAKUKAN PERBUATAN-PERBUATAN YANG TIDAK SENONOH, MISALNYA : MENJADI TUKANG PUKUL SESEORANG (PELINDUNG) APABILA SAYA TAHU BAHWA YANG MEYURUH ITU ADA DI PIHAK YANG SALAH.

-SENGAJA BERKELAKUAN SECARA SOMBONG DAN MENONJOLKAN DIRI KEPADA ORANG LUAR MENGENAI ILMU OLAH RAGA KARATE SAYA.
-MENCARI GARA-GARA DENGAN ORANG LAIN, SEHINGGA MENGAKIBATKAN SUATU PERKELAHIAN.

4. SAYA BERJANJI DALAM MELAKUKAN LATIHAN-LATIHAN ATAU PERTANDINGAN-PERTANDINGAN AKAN MELAKUKAN SECARA SPORTIF, SEBAGAI OLAH-RAGAWAN YANG BAIK DAN AKAN MEMPERTINGGI NILAI OLAH RAGA KARATE INI.

5. SAYA BERJANJI AKAN TOLONG-MENOLONG, SEIA SEKATA DENGAN SEMUA KARATEKA DI INDONESIA KHUSUSNYA, DI SELURUH DUNIA UMUMNYA, DENGAN RASA SALING HARGA-MENGHARGAI DAN HORMAT-MENGHORMATI.

6. SAYA BERJANJI AKAN MEMENUHI SEMUA PERATURAN-PERATURAN YANG DIBUAT OLEH SEKOLAH / PERKUMPULAN OLAH RAGA KARATE SAYA.

7. SAYA BERJANJI AKAN MENJAGA NAMA BAIK SAYA SEBAGAI KARATEKA KHUSUSNYA DAN SEKOLAH / PERKUMPULAN UMUMNYA DALAM SEGALA TINDAK-TANDUK SAYA. APABILA SAYA MELANGGAR JANJI YANG TUJUH PASAL INI (SAPTA PRASETYA), MAKA SAYA BERSEDIA DIKELUARKAN DARI KEANGGOTAAN OLAH RAGA KARATE
Sumber : http://home.dasrilkarate.com/forki/sapta-prasetya

0 komentar: