INSTITUT KARATE-DO INDONESIA
Dojo 104 - Jakarta Selatan

Kamis, 26 Mei 2011

KATA FREEFORM

Akhir-akhir ini, perkembangan karate semakin dinamis. Dalam beberapa pertandingan karate, sudah ada pertandingan Kata eksibisi yakni Kata bentuk bebas (Kata freeform) yang berbeda dengan bentuk Kata tradisional, sebagaimana sudah dijelaskan dalam artikel ini, Ijtihad Karate: Kata Karate Komposisi Bebas. Meski cakupnya masih di wilayah Eropa, namun ini penting untuk kita simak.
Saya melihat setidaknya ada beberapa hal penting dalam Kata freeform ini apabila kita bandingkan dengan Kata tradisional dari semua aliran. Di antaranya:
  1. Karena bersifat eksibisi, Kata ini secara umum belum punya nama yang jelas dan terlihat masih banyak perubahan dari pertandingan ke pertandingan.
  2. Banyak lompatan putar badan. Ini berbeda dengan Kata tradisional yang jarang menggunakan lompatan beberapa kali dalam Kata.
  3. Posisi lutut sering menyentuh lantai. Dalam Kata tradisional jarang sekali ini terjadi, misal di Paiku atau di Gankaku.
  4. Proporsi gerakan cepat cenderung lebih banyak, sementara dalam Kata tradisional banyak Kata yang menggunakan speed yang pelan, cenderung lebih menggunakan nafas, misal di awal Kata Sumarimpei/ Suparinpei atau Kata Tensho.
  5. Kuda-kuda kaki lebih panjang dan lebar. Lebih banyak zenkutsu dachi, siko dachi, atau kokutsu dachi, dan kiba dachi dibanding nekoashi dachi atau sanchin dachi dan sejenisnya. Saya menduga karena ini faktor orang Eropa. Sebab saya lihat ada beberapa atlet Kata dari aliran non-Shotokan pun, kuda-kudanya lebih besar dan panjang.



Itu adalah sebagian karakter Kata yang baru dan saya pikir karakter Kata freeform ini pun bisa saja berubah. Bukan waktunya lagi kita menolak adanya perubahan ini, namun yang penting eksplorasi ini tidak mengubah susunan dan pola Kata tradisional sebelumnya. Semoga menjadi bahan diskusi. Osh. [by BM] http://karatedo-indonesia.blogspot.com/2011/01/kata-freeform.html

0 komentar: