INSTITUT KARATE-DO INDONESIA
Dojo 104 - Jakarta Selatan

Senin, 18 April 2011

GASHUKU AKBAR NASIONAL INKAI SE-INDONESIA DAN ULANG TAHUN KE-40TH


Inkai Cianjur News, (ICN) - Ribuan karateka dari seluruh Indonesia tumpah ruah di Bundaran HI (Hotel Indonesia), Jakarta (17/04). Mereka merupakan karateka-karateka Inkai (Institut Karatedo Indonesia) yang sedang merayakan ulang tahun Inkai yang ke-40. Kegiatan yang diselenggarakan Pengurus Pusat (PP) Inkai ini adalah puncak dari rangkaian kegiatan memperingati ulang tahun Inkai, yang sebelumnya diselenggarakan juga acara Temu Kangen MSH se-Indonesia yang bertempat di Wisma Adi Cempaka Putih, pada tanggal 16 April 2011.

Kegiatan ulang tahun Inkai ke-40 ini juga sekaligus unjuk simpati untuk warga Jepang yang sedang dilanda musibah tsunami. “Pray for Japan” menjadi penanda bahwa Inkai ikut bersimpati terhadap penderitaan warga Jepang sekarang ini.

Acara ini dimulai dengan long march sebagian besar karateka yang sudah siap di Monumen Nasional (Monas). Mereka berjalan kaki menuju Bundaran HI dan segera bergabung dengan karateka lainnya yang sudah menunggu. Mulai dari karateka sabuk hitam senior sampai para junior sabuk putih terlihat begitu semangat meski jarak yang ditempuh lumayan jauh, namun antusiasme itu mampu menyurutkan rasa capai.

Tampak wajah-wajah antusias dan semangat yang dipimpin oleh Sekretaris Umum Inkai Jabar di panggung besar. Mars Inkai dan juga yel-yel tiadanya hentinya membahana membuat Bundaran HI seolah auditorium luas yang dipenuhi ratusan karateka Inkai ini. Lagu ‘Garuda di Dadaku’ menjadi inspirasi nada yel Inkai. Berikut adalah sepenggal lirik Yel Ulang Tahun Inkai:

Hari ini Ulang Tahun Inkai
Hari ini Kebangganku
Hari ini Semuanya Pasti Senang

Bet Inkai Dada Kiriku
Bet Forki Dada Kananku
Ku Yakin Hari ini Pasti Senang

Inkai yang lahir pada tanggal 15 April 1971, merupakan salah satu organisasi karateka yang paling banyak anggotanya dan juga salah satu penyumbang karateka-karateka andalan Indonesia dari generasi ke generasi. Dan tepat di tanggal 15 April 2011 Inkai berulang tahun yang ke-40.

Pukul 06.45 WIB, acara dimulai dengan pembukaan dari Sekretaris Umum Inkai Jawa Barat, Sensei Rakimin, yang juga sekaligus sebagai salah satu pemandu acara Ulang Tahun Inkai 2011 ini. Tampak hadir di panggung para Ketua Umum PP Inkai, Jend. (Purnawirawan) Ryamizad Ryacudu, Ketua Umum PB Forki Bapak Hendardji Soepandji, Sekretaris Umum PP Inkai Prof. Hermawan Sulistyo, Dewan Guru Inkai yang dimulai dari Sensei Albert Tobing (DAN VIII Inkai), Sensei Harmen Lukas Tompodung, Sensei Abdul Kadir, Sensei Atut, Sensei Madju Daryanto Hutapea, Sensei Stefanus Suparyono, Sensei Christine Taroreh, Sensei Eddy Mursalim, Sensei Kadar, Sensei Reinhard Willa, Sensei Taufik Abbas, dan anggota Dewan Guru Inkai lainnya.


Selanjutnya acara dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Panitia Gashuku Akbar Nasional Inkai 2011 yaitu Prof. Hermawan Sulistyo (lebih dikenal dengan panggilan Mas Kikiek) yang menjelaskan bahwa di daerah-daerah seluruh Indonesia juga diselenggarakan acara perayaan ulang tahun Inkai yang ke-40 dengan sama meriahnya. Acara selanjutnya merupakan sambutan singkat dari Ketua Umum PP Inkai, Jend. (Purnawirawan) Ryamizad Ryacudu, yang berpesan bahwa karateka Inkai wajib menjaga integritas dan sumpah karate dengan sebaik-baiknya.

Momen berikutnya, giliran Sensei Stefanus Suparyono sebagai Sekretaris Dewan Guru Inkai yang mewakili Dr. Nico A. Lumenta yang berhalangan hadir. Setelah itu, Bapak Hendardji Soepandji, sebagai Ketua Umum PB Inkai, juga menyampaikan pesannya bahwa di dalam sumpah karateka lebih ditonjolkan mengenai nilai kepribadian, dan hanya satu nilai mengenai prestasi. Jadi, beliau berpesan bahwa karakter diri yang didasari dengan nilai kepribadian dari sumpah karate merupakan poin yang sangat penting bagi karateka. Selain itu, beliau juga menegaskan bahwa soliditas adalah salah satu akar dasar mengenai munculnya karakter organisasi yang akan berhasil, dan ini telah dibuktikan dengan Inkai yang solid, dan mampu menghimpun karateka Inkai seluruh Indonesia.

Kegembiraan itu semakin terasa meriah ketika selesai acara sambutan dari para sensei Inkai dan juga dari Forki selesai, dilanjutkan dengan pelepasan balon gas ke udara yang dilakukan secara bersamaan oleh Ketua Umum PP Inkai dan Ketua Umum PB Forki.

Acara selanjutnya adalah penyerahan secara simbolis spanduk hasil penandatanganan “Pray for Japan” dari Sekjen PP Inkai, Prof. Hermawan Sulistyo kepada Ketua Umum PP Inkai, dan dilanjutkan dengan atraksi dari Pasukan Berkuda Kepolisian Republik Indonesia. Dengan diawali sikap hormat, para polisi berkuda ini memamerkan atraksi kuda yang diikuti oleh tepuk tangan meriah seluruh peserta.

Ulang tahun semakin terasa istimewa ketika di ujung acara, dilakukan pemotongan tumpeng oleh para Dewan Guru Inkai juga Ketua Umum PB Forki yang diserahkan secara simbolis kepada para atlet-atlet terbaik Inkai, diantaranya Supriyadi, Juara Best of The Best OSO Cup 2011 dan Senpai Abdullah Kadir. Selain itu juga hadir Christo Mondolu yang merupakan salah satu atlet Pelatnas Indonesia yang dipersiapkan untuk SEA Games 2011 ini.

Acara ini juga mampu menimbulkan antusiasme peserta. Ketiga pemandu acara di panggung mampu membawa suasana ulang tahun Inkai terasa menyegarkan dengan  celetukan-celetukan cerdasnya yang memancing tawa para karateka Inkai.

Tidak terasa, waktu sudah beranjak siang, dan ultah yang dihadiri tidak kurang 5000 (lima ribu) karateka ini selesai. Sebagian di antara karateka mengabadikan momen ini di panggung bersama beberapa Dewan Guru. Semoga Inkai selalu menjadi yang terbaik dan tahun depan perayaan ultah Inkai semakin meriah. Osh.

Laporan langsung : Tim Inkai Cianjur News, ICN (RP).(http://www.inkai-cianjur.co.cc/2011/04/gashuku-akbar-nasional-inkai-se.html)

0 komentar: